Cara Membuat Konten Website

Cara membuat postingan yang SEO friendly. Sebelum anda membuat sebuah postingan blog atau menulis artikel untuk diposting di blog anda, tentunya anda harus tahu postingan yang seperti apa yang bisa diterima oleh mesin pencari, dan bisa menjadi nomer satu dari mesin pencari seperti Google. Artikel tersebut harus benar-benar berkualitas dan memiliki tingkat SEO yang tinggi.
Berbicara tentang SEO, Apa sih itu SEO? Apa pentingnya untuk blog atau web? Mengapa postingan artikel harus yang SEO Friendly? Bagi para master tentu tidak asing lagi mendengar kata SEO. Jadi tidak perlu lagi untuk dijelaskan. Tapi bagi para pemula seperti saya, mungkin masih bingung apa itu SEO yang sebenarnya.
Nah, SEO itu sendiri singkatan dari Search Engine Opimization. SEO adalah Suatu teknik yang digunakan oleh Blogger atau pengguna web untuk membuat webnya menjadi rangking teratas atau rangking satu di mesin pencarian seperti Google. Karena dengan teknik ini, web atau blog yang dimiliki seseorang akan dengan mudah menjadi populer dan menjadi terdepan di mesin pencari. Lalu bagaimana caranya agar blog bisa menjadi SEO?
Belajar SEO memang tidak mudah dan juga tidak susah. Kita harus mulai dari sedikit dan sabar. untuk belajar SEO, anda bisa memulainya dengan menerapkan pada postingan artikel anda. Seperti apa postingan artikel yang SEO dan bagaimana cara membuat artikel yang SEO. Nah, daripada penasaran, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Seperi apa postingan yang SEO Friendly?

Memang dalam memposting artikel tidaklah sembarang publis. Harus dengan teknik yang benar agar postingan bisa cepat dikenal oleh banyak pengguna internet. Nah, postingan yang SEO Friendly adalah postingan yang cara pembuatannya menggunakan teknik SEO. Teknik SEO itu sendiri dalam postingan seperti penjelasan gambar di bawah ini:
seo

Penjelasan gambar

1. Judul postingan harus unik dan sesuai keyword yang benar

Artikel yang SEO Friendly tentu menggunakan judul artikel yang unik. Apa tujuannya? Yaitu agar bisa menarik pengunjung dengan rasa penasarannya. Karena bila artikel yang dibuat memiliki judul yang unik, maka pengunjung pasti akan merasa penasaran dan kemudian membuka blog kita.
Bukan hanya itu, dalam judul postingan pn harus dengan keyword atau kata kunci yang benar lalu dihiasi dengan tambahan kata.
Berikut contohnya:
Panduan Cara Membuat Postingan yang Benar
Tips Cara Membuat Postingan yang Unik
10 Cara Membuat Postingan yang SEO Friendly
Penjelasan:

  • Yang warna Biru adalah keyword atau kata kuncinya yang nantinya akan menentukan dipencarian Google atau mesin pencari lainnya. Gunakanlah kata kunci yang banyak dicari oleh orang namun sedikit yang menggunakannya.
  • Sedang yang berwarna Hitam adalah kata tambahan sebagai penghias agar judul postingan terlihat unik dan bisa menarik para pengguna internet. Dari kata tambahan inilah kita bisa menilai judul postingan tersebut unik atau tidak.

2. Pengulangan judul atau kata kunci

Pengulangan judul atau kata kunci ini sangat penting untuk anda perhatikan. Agar postingan anda bisa lebih SEO dan mudah menjadi yang teratas, maka, buatlah pengulangan judul atau kata kunci pada isi artikel anda. Terutama pada awal penulisan artikel anda bisa menuliskan kembali judul artikel anda lalu dipertebal atau bold.

3. Pemberian link internal maupun eksternal

Pemberian link pada postingan juga sangat memperngaruhi SEO dari postingan artikel anda. Anda bisa memasang link internal maupun eksternal. Link internal adalah link yang menuju pada web atau blog kita sendiri, sedangkan link eksternal adalah link yang menunju pada web atau blog orang lain. Namun dalam memasang link anda perlu memperhatikan page rank atau banyaknya pengunjung.
Jika ingin memasang link internal, maka pilihlah link postingan kita yang paling banyak dikunjungi. Karena ini akan dapat membantu menaikkan posisi postingan yang anda tulis tersebut.
Begitupula dengan link eksternal, anda pun harus melihat web atau blog yang anda jadikan link itu memiliki page rank yang tinggi atau pengunjung yang banyak. Anda bisa mengetahui tingginya page rak yaitu dengan mendownload aplikasi page rank untuk browser anda.

4. Pembuatan paragraf

Penggunaan paragraf perlu anda terapkan pada artikel postingan anda. Ya, penggunaan paragraf ini sangat penting karena dapat menunjang SEO postingan anda. Selain itu, juga bisa memudahkan pengunjung dalam membaca artikel. Sebab kalau tidak dibuat paragraf pasti akan rata semua dan itu membuat pengunjung lebih sulit dalam membacanya. Dan perlu juga anda ingat, dalam setiap paragraf, usahakan untuk membuat kalimat paling sedikit tiga atau 4 baris. Gunakan pula rata kanan dan kiri untuk merapikan artikel.

5. Menggunakan tag H1, H2, H3, H4, H5, H6

Pemasangan header atau sub header terebut sangatlah penting untuk artikel anda. Karena hal ini juga dapat mempengaruhi tingkat ke-SEO-an postingan artikel anda. Dalam membuat artikel, tentu ada beberapa sub judul yang anda tulis kan? Nah, pada sub judul tersebut bisa anda ganti bentuk tulisan yang tadinya normal menjadi Heading, Sub Heading, atau Minor Heading. Penentuan heading ataupun sub heading tersebut harus berurutan sesuai tingkatan. Heading atau H1 memiliki size paling besar, Sub Heading atau H2 lebih kecil dari H1, dan seterusnya. Pastikan anda memasang tag tersebut pada sub judul postingan anda.

6. Pemasangan gambar atau foto

Pastikan dalam setiap artikel anda terdapat gambar atau foto. Selain menunjang SEO blog anda, ini juga bisa memudahkan pengunjung dalam memahami artikel anda. Karena dengan disertaikannya gambar, pengunjung akan lebih mudah memahami atau menggambarkan artikel yang anda buat. Pasanglah gambar atau foto sesuai dengan pembahasan pada artikel.

7. Pemasangan Add Caption pada foto

Add Caption atau keterangan kecil pada gambar atau foto yang anda pasangkan pada artikel itu juga menentukan tingkat SEO dari postingan anda. Pastikan anda memasang add caption pada setiap gambar atau foto dalam postingan. Untuk pembuatan add caption anda bisa menuliskan keterangan kecil sesuai gambar atau kata kunci judul.
Misal, jika yang dipasang gambar jeruk, maka berilah caption ‘ilustrasi jeruk’ atau ‘cara membuat jus jeruk’ atau sebagainya.

8. Pemasangan propertis (title and description) pada gambar atau foto

Masih pada gambar atau foto yang anda pasangkan. Selain mengisikan add caption, anda juga perlu mengisikan judul dan deskripsi foto. Selain menunjang SEO blog anda, juga mencegah terjadinya missing title and description. Karena bila tak diisi, ketika blog anda di cek tingkat SEOnya, maka akan terdapat keterangan missing title and description. Untuk mengetahui apakah semua artikel anda telah SEO, silahkan kunjungi chkme.com. Masukkan alamat atau URL blog anda pada kolom, lalu klik cek SEO. Maka di situ akan terlihat berapa persen tingkat SEO dari blog anda.

9. Penggolongan kategori atau label

Dalam membuat artikel postingan, anda juga perlu mengelompokkan artikel berdasarkan kategori. Setiap kategori atau label anda berikan nama sendiri-sendiri. Misal, bila artikel tentang jerawat, maka berilah label jerawat. Karena selain meningkatkan SEO juga dapat mempermudahkan pengunjung mencari artikel berdasarkan kategori. Anda juga bisa memasang kategori atau label lebih dari satu.

10. Pemasangan tautan permanen

Biasanya bila judul blog anda terlalu panjang, tautan URL postingan anda akan kepotong. Maka yang terjadi nama judul artikel dengan tautan URL tidak sama. Anda bisa mengedit tautan yang tadinya default menjadi permanen. Lalu tambahkan nama URL sesuai judul postingan anda.

11. Deskripsi penelusuran

Deskripsi penelusuran ini juga sangat penting dan perlu anda isikan. Deskripsi singkat inilah yang nantinya akan ditayangkan ketika postingan anda muncul pada pencarian. Jika deskripsi ini tidak diatur, maka deskripsi postingan yang muncul pada pencarian terkadang terlihat kurang sesuai. Ini juga bisa mempengaruhi SEO dari postingan anda.

Keterangan diluar gambar

Selain keterangan yang telah saya jelaskan berdasarkan gambar, ada beberapa hal lagi yang perlu anda perhatikan agar postingan anda bisa SEO dan menjadi rangking terdepan pada mesin pencarian Google:

1. Kata pembuka dan penutup

Pemberian kata pembuka dan kata penutup ini bertujuan agar postingan anda terlihat lebi profesional. Pastikan anda selalu memberikan kata pembuka dan kata penutup pada setiap postingan artikel yang anda buat.

2. Tulisan yang baik dan jangan dipersingkat

Penulisan kata yang pada artikel postingan harus yang baik dan benar. Usahakan untuk tidak ada kata yang kekurangan satu atau dua huruf. Kata yang anda tuliskan pun jangan dipersingkat. Karena hal itu selain tidak baik juga akan sulit untuk diterjemahkan. Pastikan menggunakan kata bahasa yang baik dan benar dan juga tidak terdapat kata-kata kotor.

3. Jangan terlalu banyak mengulang kata kunci

Ketika anda membuat postingan artikel, pastikan pengulangan judul atau kata kunci yang anda lakukan tidak lebih dari 3x pengulangan. Dan juga pada kalimat yang sama juga tidak lebih sari 10x pengulangan.

4. Gunakan bold, underline, italic

Dalam penulisan artikel, tentu ada beberapa kata atau kalimat yang terkait dalam postingan. Anda bisa membedakan tulisan tersebut dengan menebalkan, ditulis miring, atau diberi garis bawah. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan postingan anda.

5. Penulisan artikel lebih dari 1500 kata

Penulisan artikel yang baik, SEO, dan mudah menjadi rangking terdepan mesin pencarian Google adalah artikel yang memiliki kata lebih dari 1500. Karena banyaknya kata pada artikel anda juga akan menentukan rangking anda dalam mesin pencarian. Semakin banyak kata dalam artikel akan semakin baik artikel yang anda buat.

Demikian cara membuat postingan yang SEO Friendly. Mungkin jika anda baru pertama mengetahui cara tersebut akan terlihat terlalu rumit dan bertele-tele. Tapi kalau telah terbiasa pasti akan mudah. Teruslah semangat untuk ngeblog kawan. Usahamu menentukan kepopuleran blog atau webmu. Oke, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *