Digital Strategist

Digital strategist dapat dikatakan sebagai divisi atau team dan tidak menutup kemungkinan untuk dikerjakan oleh individu di dalam maupun luar perusahaan untuk membuat solusi dari masalah perusahaan atau merek terkait pemasaran melalui teknologi digital.

Tugas utama Digital strategist biasanya untuk meningkatkan SEO (Search Engine Optimization), dengan menjembatani brand dan target audiencenya melalui strategi digital. Sebenarnya semua individu di dalam perusahaan dan juga audience merupakan bagian dari strategi digital.

Digital strategist akan merancang konsep pemecahan masalah, membantu untuk menghubungkan antara kebutuhan, keinginan, tujuan bisnis dan audience. Strategi digital yang baik akan bekerja dengan fokus pada unit bisnis perusahaan untuk mendapatkan pemahaman yang jelas dan detail mengenai sudut pandang perusahaan dan analisis bisnis. Pada saat melakukan brainstorming untuk membuat suatu konsep, Digital strategist harus meng-sinergi-kan antara bisnis, kreatif, teknologi dan audience.

Perbedaan media digital dengan media konvensional tidak begitu jauh berbeda. Digital strategist juga harus menemukan masalah utama perusahaan dan yang terpenting adalah bagaimana cara untuk memahami target audience. Namun melalui media digital, perlu menemukan digitalinsight dan menghubungkan dengan digitaltrend pada campaign yang berlangsung. Kesinambungan konvensinal dan juga digital media juga perlu diperhatikan, guna meningkatkan SEO yang biasanya mengarah pada website perusahaan atau brand.

Untuk mewujudkan peningkatan SEO, Digital strategist perlu membuat rangkaian upaya atau campaign yang memanfaatkan social media yang dijadikan sebagai channel yang dekat dengan audience. Dalam pembuatan channel social media ini perlu membedakan antara core channel (media sosial utama, biasanya yang populer) dan media sosial yang digunakan sebagai supplement. Konten dari social media inilah yang nantinya diisi oleh campaign, komunitas terkait, buzz, event dan news terkait brand.

Selanjutnya setelah campaign berjalan, Digital strategist akan melakukan monitoring, guna memastikan campaign berjalan sesuai jadwal dan rencana. Monitoring berlangsung dengan memantau pergerakan viewers, likers, dan komentar untuk melakukan engagement dengan audience. Hasil monitoring tersebut akan dicatat dan dijadikan laporan bulanan yang nantinya diserahkan kepada perusahaan atau klien.

Your email address will not be published.