Investasi Reksadana di Tokopedia

Tagline #MulaiAjaDulu, tampaknya bukan tagline semata. Tokopedia terus mengembangkan inovasi yang mengajak para penggunanya merasakan nilai tambah dalam website maupun aplikasi Tokopedia. Tidak hanya membeli produk yang terlihat fisiknya, para pengguna Tokopedia juga diajak untuk membayar kebutuhan sehari-harinya serta membeli produk-produk keuangan melalui Tokopedia.

Setelah mengenalkan produk pinjaman dan asuransi, kali ini Tokopedia mengajak para penggunanya untuk menabung uangnya di Tokopedia melalui fitur baru yakni Tokopedia Reksadana.

Sesuai namanya, Tokopedia mengajak para penggunanya untuk menyimpan uang di reksadana yang memiliki potensi keuntungan bersih sekitar 6-7 persen per tahun karena penghasilan dari reksadana tidak dikenakan pajak. Tokopedia juga tidak mengenakan biaya transaksi atas produk ini.

Tokopedia bekerjasama dengan Agen Penjual Reksa Dana (APERD) yaitu Bareksa dalam melakukan proses transaksi reksadana ini. Sebagai APERD, Bareksa sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bareksa juga dikenal sebagai pionir platform transaksi reksadana secara online.

Reksadana adalah salah satu produk keuangan yang terdaftar di OJK sehingga keamanan produk ini tidak diragukan lagi. Selain aman, produk ini juga sangat fleksibel. Tidak seperti deposito yang harus disimpan dalam periode tertentu ataupun produk asuransi yang mewajibkan menyimpan uang dalam jumlah tertentu setiap bulannya, namun di reksa dana, kamu bisa menyimpan dan mencairkan uang kamu kapanpun sesuai kebutuhan.

Misalnya kamu saat ini punya uang “nganggur” Rp100.000. Uang kamu itu bisa langsung dibelikan reksadana saat ini. Kemudian jika dalam dua bulan ke depan, kamu butuh uangnya, bisa langsung dicairkan saat itu juga dengan menjual reksadananya.

Jumlah simpanan uang kamu di reksadana juga tidak harus selalu sama. Setiap saat nilai pembelian kamu bisa disesuaikan sesuai uang “nganggur” kamu saat itu. Bahkan di Tokopedia, kamu bisa membeli reksadana hanya dengan Rp10.000.

Lalu bagaimana cara menghitung keuntungan reksadana?

Menyimpan uang di reksadana layaknya kita menyimpan emas. Harga reksadana akan bergerak naik seiring dengan berjalannya waktu, sehingga pada saat penjualan, harga reksadana yang kamu jual akan lebih tinggi dari harga pada saat membeli reksadana tersebut.

Apakah harga reksadana memang selalu naik?

Jenis reksadana memang ada beberapa macam sesuai dengan risikonya masing-masing. Tetapi di Tokopedia, saat ini hanya menjual reksadana jenis pasar uang yang risikonya paling kecil diantara jenis lainnya.

Reksadana yang dijual adalah reksadana “Syailendra Dana Kas”, yang dalam setahun terakhir ini harganya naik 6,77 persen. Terlihat dalam grafik, harga reksadana ini terus meningkat secara stabil.

Tertarik untuk menyimpan uang kamu di reksadana melalui Tokopedia?

Caranya sangat mudah, berikut adalah langkah-langkah pendaftaran fitur Tokopedia Reksadana dan juga cara membeli reksadana di Tokopedia;

Langkah Pendaftaran Tokopedia Reksadana

1. Masuk ke dalam website maupun aplikasi Tokopedia. Kemudian klik icon “Reksadana” pada menu “Ajukan Ini Itu di Tokopedia” dalam aplikasi mobile Tokopedia atau pada menu “Kategori” dalam website Tokopedia.

2. Setelah masuk pada halaman “Tokopedia Reksadana”, klik “Mulai Investasi” kemudian kamu akan diarahkan untuk melakukan verifikasi bahwa Tokocash kamu masih aktif melalui pengiriman OTP SMS. Sebagai catatan, fitur reksadana ini baru bisa digunakan jika akun Tokocash kamu aktif.

3. Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran yang tersedia pada halaman itu dengan menyertakan foto KTP. Lalu mengisi tanda tangan secara digital pada link yang dikirimkan. Setelah selesai maka formulir kamu akan segera diproses.

4. Jika pendaftaran kamu diterima, maka kamu akan menerima email dan sms, kemudian kamu bisa langsung memulai pembelian reksadana.

Langkah Pembelian Reksadana

1. Masuk ke dalam website maupun aplikasi Tokopedia. Kemudian klik icon “Reksadana” pada menu “Ajukan Ini Itu di Tokopedia” dalam aplikasi mobile Tokopedia atau pada menu “Kategori” dalam website Tokopedia.
2. Setelah masuk pada halaman “Tokopedia Reksadana”, kemudian klik “Mulai Investasi”, kemudian kamu akan diarahkan untuk melakukan verifikasi bahwa Tokocash kamu masih aktif melalui pengiriman OTP SMS.
3. Setelah terverifikasi, kamu akan masuk ke halaman pembelian. Masukkan nominal pembelian reksadana yang kamu inginkan pada kolom “Nominal Beli”, lalu klik “Beli Reksa Dana”.
6. Pilih metode pembayaran yang kamu inginkan.
7. Periksa kembali data pembayaran kamu, lalu klik “bayar”.
8. Kamu akan mendapatkan ringkasan atas pembelian reksadana yang kamu lakukan.
9. Silahkan lakukan pembayaran agar pembelian reksadana kamu dapat segera diproses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *