Memperbaiki kunci pintu rumah yang macet

Pernahkah sobat telat gara-gara anak kunci pintu rumah nyangkut di lobangnya? Yaa… pasti.
Beberapa hari kemaren saya juga mengalami hal yang sama saat hendak pergi sholat kemesjid, kuncinya tiba-tiba rewel tak mau lepas dari maknya, makin dipaksa makin susah keluarnya, mana saya udah telat lagi. Dengan sedikit berdamai dan menenangkan jiwa, lambat-lambat saya coba lagi putar-putar tu kunci berharap kelemah-lembutanku bisa memmbujuk sang anak lepas dari induknya.
Imam mesjid terdengar terus saja melanjutkan sholatnya tanpa menghiraukan kesibukanku bercengkrama dengan pintu. Setelah membuat try end error akhirnya sang anak mau lepas dari induknya namun sholat jamaah juga hampir usai dan keringat pun mulai bergerilya dibalik bajuku.
Karena penasaran, sepulang dari mesjid saya coba lagi masukkan anak kunci tersebut dan pas mau nyabutnya tetap sama susahnya dengan waktu pertama tadi. Itu dia kisah nyangkut nyangkutanku yang bikin greget.
Naah… karena saya itu rasa ingin tahu, saya mulai amati, identifikasi, baru kemudian saya dapatkan hipotesa. Ya begitulah, saya coba amati apa yang salah dengan kuncinya kenapa tidak mau dicabut, setelah sekian menit coba-coba keluar masukin anak kunci tersebut akhirnya ketemu penyebabnya, POSISI LOBANG KUNCINYANYA MIRING, normalnya ketika pintu dalam keadaan terkunci atau terbuka posisi kunci selalu lurus, bisa landscape ataupun potrait (rebah/tegak) tergantung pabrikan.
Posisi miring ini akibat dari memasukkan kunci dari kedua sisi pintu, karena ketika kedua lobang kunci berisi anak kunci maka lobang kunci akan lose, bisa berputar tanpa mengunci atau membuka dan masing masing anak kunci yang tertancap bisa berputar kemana saja tanpa harus searah.

Itulah penyebab kunci sulit dikeluarkan, maka cara yang bisa ditempuh untuk mengembalikan posisi kunci adalah dengan kembali memasukkan kedua anak kunci di kedua lobang kunci (timbal balik), gunakan kunci cadangan untuk yang satunya dan kemudian secara bersamaan memutar kedua kunci kembali keposisi lurus setelah itu dijamin dia akan normal kembali…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *