Memulai Bisnis Dari Sini

Memulai bisnis tidaklah mudah, Guru saya pernah bilang : “Jika bisnis bermasalah, padahal semua strategi bisnis sudah dilakukan tapi tidak ada perubahan. Maka coba perbaiki pengusahanya”. Pada dasarnya, Pengusaha, adalah nahkoda bisnis.Bisnis bisa tumbuh, diam ditempat, atau bahkan stuck dan akhirnya tutup, itu sangat bergantung kepada pengusahanya.
Kalau pengusahanya malas-malasan, maka hasil bisnisnya juga ikut malas-malasan. Bisnis hanya bisa tumbuh sebesar kapasitas pengusahanya

Jika kapasitas pengusahanya ratusan ribu, maka sebesar itulah hasil bisnisnya.
Jika kapasitas pengusahanya ratusan juta, maka sebesar itulah hasil bisnisnya.

Jadi, seperti apa pengusahanya, seperti itulah bisnisnya.
Dan untuk membuat bisnis semakin besar, maka tingkatkanlah kapasitas diri kita.
Ketika kapasitas meningkat, maka hasil akan mengikuti.
Lalu bagaimana cara meningkatkan kapasitas ini?
Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kapasitas
Yaitu dengan “BELAJAR”.
Yaaa… Belajar.
Nah, selama beberapa hari kedepan, Saya akan banyak share materi-materi yang lebih berdampak kepada pengusahanya.
Kita akan belajar sama-sama tentang dasar-dasar bisnis. Sebelum kita mulai usaha dalam jualan sebenarnya.
Jadi, darimana sebaiknya bisnis dimulai?

Kebanyakan orang ingin berbisnis karena melihat kemudahannya. Bisa punya penghasilan besar, bisa punya kebebasan waktu, tidak ada yang nyuruh-nyuruh dan hal-hal sejenisnya.

Pernah dilakukan sebuah survey, hasil surveynya mengatakan bahwa mayoritas karyawan ternyata juga punya keinginan jadi pengusaha. Itu menunjukan, kalau memang bisnis itu sangat menarik, tapi tidak semua orang berani untuk memulainya.

Kenapa ini bisa terjadi?

Jawabannya karena, rata-rata orang, saat mereka ingin terjun kedunia bisnis, mereka mulai dari memikirkan produk yang mau dijual. Mereka berfikir,
Jual apa ya?
Kasih harga berapa ya?
Gimana buatnya?
Apa aja yang perlu dipersiapkan?

Padahal, sebaiknya jangan seperti itu dulu. Di awal-awal, jangan dulu fokus kesitu, Kenapa?

Karena kalau fokusnya kesitu, nanti bisnisnya gak dimulai-mulai.Kalau belum pernah berbisnis dan berfikirnya kesitu, nanti semua hal jadi terasa rumit.

Harusnya gimana?

Jika ada kenginan untuk memulai bisnis, maka mulailah dari bertanya ke diri sendiri.
Sebenarnya apa alasan kita berbisnis?
Karena apa kita jadi pengusaha?
Karena siapa?
Untuk apa?
Apa tujuannya?

Pada dasarnya, Dunia bisnis itu tidak semulus khayalan banyak orang. Dalam dunia bisnis, akan ada banyak sekali hambatan. Dan tanpa alasan yang kuat, seseorang akan mudah berhenti sebelum mencapai keberhasilan. Jika punya alasan, maka seseorang akan punya energi yang menemani perjalanan bisnisnya. Alasan akan membuat seseorang lebih kuat dalam memaknai setiap episode dalam bisnis. Jadi, ini nasihat bagus buat yang sering naik turun mood bisnisnya.

Coba setiap pagi saat ingin mulai aktivitas berbisnis, Anda mengingat kembali alasan kenapa memutuskan jadi pengusaha. Dengan begitu, semoga jadi lebih semangat lagi dalam menjalankan aktivitasnya. Nah, setelah punya alasannya, baru mengarah ke hal-hal teknis. Tapi bukan hal yang bisa dihitung ya. Apalagi kalau bisnis pertama.

Jangan terlalu berhitung, dan terlalu dianalisa. Namanya juga bisnis pertama, gimana analisanya?. Buka bisnis cukup dimulai saja. Bahkan beberapa bisnis, terkadang tidak butuh modal yang besar.

Lantas setelah itu apa yang harus dilakukan?

Ya mulai saja dengan keberanian. Gak usah terlalu yang muluk-muluk. Kalau pun gagal, biasanya kegagalan itu akan membuka pintu rezeki berikutnya. Karena sebenarnya, dalam bisnis tidak ada kegagalan. Yang ada hanya berhasil atau belajar. Kalau berhasil, ya syukurlah Kalau belum berhasil, artinya dalam proses belajar. Nah, itulah cara memulai bisnis yang efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *