Persiapan Sebelum Mengajukan KPR

Sebelum memenuhi kebutuhan tersier bagi diri sendiri dan keluarga, tentu akan lebih baik jika Anda bisa memenuhi kebutuhan primer terlebih dahulu. Menggunakan tabungan dan pendapatan Anda untuk mulai merencanakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah rencana baik untuk menjamin kualitas masa depan Anda dan keluarga.

Cara mengajukan KPR kepada pihak bank biasanya berbeda-beda, tergantung dari syarat KPR pada masing-masing bank tersebut. Namun secara garis besar, Anda tentu harus menyiapkan beberapa hal berikut ini sebelum mengajukan KPR.

Siapkan Dana untuk Membayar Uang Muka
Persiapan dana uang muka atau DP (Down Payment) biasanya dibutuhkan sebagai syarat utama untuk bisa mengajukan KPR. Nominal uang muka yang harus dibayar biasanya bervariasi tergantung dari kesepakatan antara Anda, pihak penjual, dan pihak bank. Semakin besar uang muka yang Anda bayarkan, maka akan semakin ringan pula angsuran KPR yang nantinya harus Anda lunasi setiap bulan.

Pilihlah Suku Bunga Terbaik
Suku bunga yang diajukan oleh bank akan menentukan besar kecilnya total biaya yang nanti harus Anda angsur untuk melunasi rumah Anda. Sehingga, Anda tentu harus mencermati suku bunga dan perjanjian yang diajukan oleh bank sebelum memulai proses KPR. Jangan sampai suku bunga yang tinggi akan memberatkan Anda untuk membayar angsuran sesuai dengan rentang waktu yang sudah ditentukan.

Dana Tak Terduga Juga Penting
Setelah menyiapkan dana uang muka, Anda juga harus menyisihkan tabungan Anda untuk menyiapkan dana tak terduga lainnya. Beberapa tahap penyelesaian pengajuan KPR seperti proses pengurusan surat-surat rumah, biaya asuransi serta proses administrasi bank tentu memerlukan dana yang tidak sedikit. Jadi, jangan hanya menyiapkan dana seadanya untuk bisa memiliki rumah impian Anda.

Dokumen untuk Syarat KPR
Syarat KPR berikutnya yang wajib Anda penuhi adalah dokumen dan identitas pribadi. Dokumen-dokumen penting seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk), Kartu Keluarga, NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), slip gaji atau surat keterangan usaha, buku tabungan dengan print 3 bulan terakhir serta beberapa dokumen lainnya tentu harus Anda siapkan sebelum mengajukan KPR. Saat ini Anda bisa memperoleh informasi tentang dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat KPR melalui kontak langsung dengan pihak bank atau mencari informasi valid melalui internet.

Nah, setelah menyiapkan keempat hal tersebut, berarti Anda sudah cukup memahami cara mengajukan KPR untuk bisa memiliki rumah idaman. Harga rumah yang kini semakin tinggi tidak jadi halangan bagi Anda untuk memiliki rumah pribadi. Dahulukan kebutuhan primer Anda untuk memiliki rumah pribadi dan siapkan masa depan yang baik bersama keluarga yang Anda cintai.

sumber: btnproperty.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *