Tips Menjalankan Bisnis Keluarga

Berbicara tentang usaha tentu sangat menarik. Semua orang dapat membuka usaha sesuai dengan yang mereka inginkan.

Dalam menjalankan usaha, kamu bisa mempekerjakan orang luar atau keluarga sendiri. Berikut ini tips untuk menjalankan usaha bersama dengan keluarga. Apa saja ?

1. Bicarakan Bersama Usaha

Bicarakanlah usaha apa yang akan kamu dan keluarga jalankan. Bicarakan juga apa tujuan dan yang harus dilakukan dalam melaksanakan usaha tersebut. Semua yang berkaitan dengan usaha harus dibicarakan dan dipahami bersama.

2. Tentukan Pembagian Tugas dan Berkomitmen

Tentu tiap orang memiliki skill yang berbeda. Kamu harus pandari menempatkan anggota keluarga kamu pada tugas yang tepat. Dengan begitu, semua akan ada tanggung jawab yang berbeda dan hal itu akan mencegah terjadinya perselisihan di kemudian hari.

3. Buat Perjanjian Hukum

Walau usaha dijalankan bersama keluarga, profesionalitas harus tetap dijaga. Agar tidak terjadi perselisihan besar nanti, kamu dan keluarga harus saling membuat perjanjian berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku.

4. Jaga Komunikasi

Kamu dan keluarga harus menjalin komunikasi dengan baik. Untuk melaksanakannya, kamu bisa melakukan pertemuan dan waktu tertentu dan bicarakan hal yang penting tapi tetap menyenangkan.

5. Jauhkan Diri Dari Sikap Pongah

Ketika sikap sudah pongah, disitu kehancuran usaha mulai terjadi. ketika usaha melambung tinggi, jangan pernah berpikir bahwa itu terjadi karena keberhasilan kamu sendiri. Perusahaan bisa menjadi besar karena kerja sama dan keharmonisan tiap anggota perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *