Webinar

Webinar adalah format acara yang berlangsung online dan dihadiri juga secara online. Dengan format semacam ini, siapa saja bisa membuat acara talkshow, seminar, diskusi, dan workshop hanya berbekal kamera dan koneksi internet.

Webinar adalah strategi marketing yang efektif dan fresh. Sebab, Anda bisa membuat audiens merasa dekat dengan tipe komunikasi yang personal dan interaktif. Tapi di saat yang sama, Anda juga melakukannya dengan begitu banyak orang. Jadi, strategi marketing Anda bisa mencakup kualitas dan kuantitas sekaligus.

Manfaat Webinar Bagi Pemilik Bisnis

  • Meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Webinar bisa dijadikan medium untuk menceritakan keunggulan bisnis Anda. Lewat medium yang sama Anda dapat menyediakan info dan tips bermanfaat untuk pelanggan.
  • Menyajikan nilai lebih di mata (calon) pelanggan. Seperti halnya freebies berbentuk ebook maupun checklist, webinar sangat strategis dipakai untuk mengedukasi pelanggan. Semakin banyak orang merasakan manfaat dari brand, semakin mereka juga engage dan merasa butuh 
  • Menjaring saran dan feedback. Berbekal seabrek fitur interaktif seperti chat, poll, survei, test, dan integrasi ke Twitter, Anda bisa langsung mengetahui apa yang diinginkan audiens.
  • Menunjukkan image lebih ahli dibanding kompetitor. Sama seperti blog di website, webinar akan menunjukkan seberapa pengetahuan dan kapabilitas Anda. Hal inilah yang kemudian membuat Anda nampak lebih serius dan ahli di bidangnya.
  • Mengumpulkan leads. Sama halnya seperti email marketing, webinar bisa dipakai untuk mengumpulkan nama dan alamat email (calon) pelanggan potensial. Cara ini memudahkan Anda ketika ingin mengirimkan info promosi ke mereka.
  • Menghemat waktu dan biaya promosi. Membuat event offline itu mahal. Ada banyak hal teknis yang perlu disiapkan. Sudah begitu, belum tentu juga event offline lebih berhasil. Kalau Anda budget promosi sedang cekak, Anda bisa memanfaatkan webinar untuk promosi yang lebih efisien.

Manfaat Webinar Bagi Audiens

  • Mendapat ilmu tambahan. Inilah manfaat terbesar webinar bagi audiens. Sebab, Anda akan mendapatkan banyak ilmu dari narasumber yang tentunya ahli dan berpengalaman di bidangnya.
  • Hemat biaya. Berbeda dari seminar offline yang mengharuskan datang ke tempat, webinar bisa Anda ikuti dari rumah. Hal ini tentu saja hemat bensin ataupun uang makan. Selain itu, biaya ikut webinar juga biasanya lebih murah daripada seminar.
  • Sangat fleksibel. Anda bisa mengikuti webinar dari manapun sesuka Anda. Entah itu tempat tidur, ruang tamu, atau cafe. Bebas!
  • Mendapat e-sertifikat. Sama dengan seminar offline, webinar juga biasanya memberikan audiens e-sertifikat. Sertifikat online ini akan dikirimkan melalui email dan tentu saja cukup berguna menambah portofolio Anda.
  • Bisa berinteraksi dengan banyak orang. Melalui webinar, Anda bisa terhubung dan berinteraksi dengan orang-orang dari Sabang sampai Merauke. Bahkan, dari seluruh dunia sekalipun.

https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-webinar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *